Program Bantuan Covid-19 yang Masih Dilanjutkan pada Tahun 2021

Sejak tahun 2020 lalu, bencana Covid-19 memang telah menjadi isu yang tetap hangat sampai hari ini. Bukan tanpa sebab, karena dampak dari pandemi ini memang sangat luas hingga ke berbagai bidang dan kalangan, seperti bagi pelaku UMKM, karyawan atau pekerja, guru honorer, hingga pegawai perusahaan yang menjadi korban PHK.

Oleh sebab itu, Pemerintah RI sendiri telah memberikan berbagai macam bantuan kepada masyarakat pada berbagai kalangan yang menjadi korban terdampak dari pandemi Covid-19 ini sejak pada tahun 2020. Bentuk bantuan yang diberikan bukan hanya uang tunai, namun juga bantuan sembako maupun pelatihan untuk peningkatan skill bagi masyarakat yang sedang membutuhkan lapangan kerja.

Meskipun kabar masuknya pandemi ini ke Indonesia telah dimumkan sejak tahun sebelumnya, namun hingga tahun 2021 ini Pemerintah masih tetap menggencarkan dana bantuan kepada masyarakat yang berpotensi terkena dampak Covid-19. Berikut adalah beberapa program bantuan Covid-19 yang masih diberikan oleh Pemerintah RI pada tahun 2021.

1. Bantuan Pangan Non Tunai

Program Bantuan Pangan Non Tunai adalah salah satu program bantuan sosial oleh Pemerintah kepada para rumah tangga yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Selain dalam bentuk pembagian sembako, penyaluran bantuan ini juga dilakukan melalui rekening oleh Himbara. Dimana setiap penerima akan mendapatkan bantuan senilai Rp 200.000 dan penyalurannya telah dimulai pada Januari hingga Desember 2021. Namun, khusus bagi warga Jabodetabek, seluruh bentuk bantuan sembako akan diganti dengan bantuan tunai langsung.

2. Program Keluarga Harapan (PKH)

Program Keluarga Harapan merupakan program bantuan dari Kementrian Sosial bersyarat kepada keluarga penerima manfaat PKH, yaitu yang tergolong sebagai Keluarga Miskin (KM). Adapun data penerima bantuan ini maupun program bantuan sosial lainnya dapat diakses pada laman cekbansos.kemensos.go.id.

3. Bantuan Sosial Tunai

Selain bantuan sosial berupa Bantuan Pangan Non Tunai dan Program Keluarga harapan, Kementrian Sosial juga kembali akan memberikan Bantuan Sosial Tunai (BST) senilai Rp 300.000 kepada KPM selama Januari hingga April 2021. Adapun bentuk penyaluran program bantuan ini, yakni melalui pos.

4. Kartu Prakerja

Program kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan dan insentif dari Pemerintah untuk para pencari kerja, pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan pekerjaan, maupun para pekerja/buruh yang dirumahkan. Program ini telah dibuka pendaftarannya untuk pertama kali pada bulan April 2020 lalu. Namun, hingga tahun 2021 ini, program Kartu Prakerja masih dibuka gelombang demi gelombang.

Gelombang 16 merupakan gelombang terakhir pada semester 1 tahun 2021 ini yang telah ditutup pendaftarannya. Adapun gelombang 17 kabarnya akan dibuka kembali dalam waktu dekat untuk mengisi kursi kepesertaan gelombang 12-16 tahun ini yang telah hangus.

5. Subsidi Listrik

Sejak awal 2021 lalu, Pemerintah memang telah memutuskan perpanjangan subsidi listrik kepada masayarakat secara luas, berupa diskon 100% untuk rumah tangga dengan daya 450 VA serta diskon 50% untuk rumah tangga dengan daya 900 VA selama tiga bulan hingga Maret 2021. Namun, untuk 3 bulan selanjutnya, yaitu terhitung dari April hingga Juni 2021, pemerintah hanya memberikan diskon 50% untuk rumah tangga dengan daya 450 VA dan diskon 25% untuk rumah tangga 900 VA dengan harapan pandemi Covid-19 ini akan semakin membaik.

6. BLT UMKM

Mengingat pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu pihak yang juga ikut terdampak dari adanya pandemi Covid-19, maka Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) telah berinisiatif memberikan bantuan langsung tunai (BLT) bagi para pelaku UMKM di tahun 2020 dan dilanjutkan pada tahun 2021 ini sebagai upaya meringankan dampak ekonomi akibat wabah virus corona bagi para pelaku usaha kecil. Adapun besaran BLT yang diusulkan, yaitu sekitar Rp 2,4 juta dengan berbagai persyaratan tertentu.

Sumber : Direktorat Jenderal Informasi & Komunikasi Publik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *