Ayo Berwisata ke Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Jika kita kebetulan berencana ingin ke Yogyakarta bersama keluarga terutama anak anak, maka sempatkanlah kita untuk berkunjung di museum satwa atau kebun binatang Gembira loka Yogyakarta. Kebun binatang ini termasuk dalam kategori museum Zoologicum karena kebun binatang ini telah ada sejak lama dan merupakan museum tertua di Jokjakarta setelah museum Museum Sonobudoyo.

kebun binatang gembira loka

Sejarah Pembangunan Kebun Binatang Gembiraloka Yogyakarta

Pembangunan kebun binatang Yogyakarta  berada di daerah Kali Gajah Wong merupakan hasil  ide dari Sri Sultan Hamengkubuwono VIII tepatnya pada tahun 1933. Sultan  Hamengkubuwono berkeinginan mempunyai tempat hiburan rakyat yang berupa kebun raya. Selanjutnya pemikiran beliau dikonsultasikan kepada seorang arsitek dari negara Austria bernama Kohler.

Setelah itu,beberapa tahun kemudian gagasan pendirian kebun binatang tersebut bisa direalisasiakan dan selanjutnya dilanjutkan masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono IX bersama Ir. Karsten. Pada tanggal 10 November 1953 kebun binatang itu akhirnya diresmikan oleh Sri Sultan HB IX dan selanjutnya dikelola oleh Yayasan Gembira loka yang diketuai Sri Paduka Paku Alam VIII.

Seiring dengan waktu berjalan, perkembangan kebun binatang ini mengalami beberapa kali pergantian pengelola karena suatu alasan. Walaupun dalam perjalanannya mengalami pasang surut, kebun binatang ttersebut ini masih tetap menjadi obyek wisata andalan bagi Yogyakarta. Menurut data dari Dinas Pariwisata DIY jumlah pengunjung Kebun binantang Gembira loka lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pengunjung Museum Sonobudoyo dan Monumen Jogja Kembali. Akan tetapi jumlah pengunjung di Gembiraloka bisa dikalahkan oleh jumlah pengunjung Keraton Yogyakarta dan Kawasan Malioboro per tahunnya.

Banyak sekali koleksi satwa yang bisa kita lihat di kebun binatang gembira loka ini.Antara lain dari jenis mamalia, Reptilia, Aves, Amfibia, Pisces hampir semuanya bisa kita temui di sini. Selain itu kita bisa juga melihat berbagai macam binatang yang telah di awetkan lama dan bisa kita lihat dalam bentuk yang masih utuh layaknya masih hidup.
Untuk penataan kandang pun di sana sangat rapih dan tertata. Untuk hewan yang buas biasanya di pisahkan dengan parit atau danau buatan, ataupun juga kandang besi yang agak luas yang bisa memberi kenyaman pengunjung yang datang ke Kebun binatang Gembiraloka agar tidak takut melihat binatang buas.

Lokasi Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Untuk menuju lokasi kebun binatang Gembira loka  beralamat di Jalan Kebun Raya No. 2 Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kita dari terminal Giwangan sampai ke kebun binantang hanya berjarak sekitar 4 km. Sedangkan kalau kita dari kawasan Malioboro dan Keraton Yogyakarta berjarak 6 km.

Harga Tiket Masuk Kebunj Binatang Gembira loka Yogyakarata

Hari biasa ( Senin – Jumat ) sekitar Rp 20.000,-Hari Libur ( Sabtu Minggu Dan hari Libur) sekitar Rp 25.000,- Fasilitas Tempat Wisata Gembiraloka

Untuk Fasilitas kebun binatang Gembira loka menurut saya sudah sangat lengkap. Dari akses jalan di tempat wisatanya, toko toko souvenirnya juga ada, permainan anak anak dan wahana lainnya juga ada, danau buatannya ada, Pokoknya dijamin puas deh jika kita berkunjung ke kebun bintang Gembiraloka ini.

Bagaimana tertarik kah Anda mengunjungi Kebun binatang Gembira loka di Yogyakarta ini. Selamat berekreasi.

Updated: Desember 16, 2019 — 1:12 pm

The Author

Sujarwo Tejo

Suka makan dan liburan. Udah gitu aja.