Obat Alami Terbaik untuk Menyembuhkan Batuk

Batuk adalah penyakit yang sangat umum kita temukan di masyarakat layaknya pilek. Dalam berbagai situasi, ketika mengalami batuk tentu sangat tidak menyenangkan. Bahkan, tidak hanya dapat mengganggu aktivitas ketika bekerja, melainkan batuk juga dapat menyebabkan kita tidur tidak nyenyak di malam hari. Karena kurang beristirahat di malam hari, maka kondisi tubuh bisa terus turun dan menyebabkan berbagai penyakit lain mudah datang.

air teh untuk mengobati sakit batuk

Jadi agar tidak merembet ke hal-hal yang lainnya, ada baiknya anda segera mengobati batuk yang anda alami. Diantara beberapa cara efektif untuk mengobati batu adalah:

Minum satu sendok madu

Dalam berbagai studi dikatakan bahwa satu sendok madu merupakan obat yang sangat efisien untuk mengatasi batuk dibandingkan dengan berbagai jenis obat over-the-counter lainnya. Satu sendok madu bisa mengatasi batuk karena ada kandungan viksositas tinggi dan memiliki kemampuan untuk menenangkan membran mukosa yang teriritasi.

Namun Selain itu, Anda juga mungkin sudah tahu bahwa di dalam madu terkandung sifat antibakteri yang akan membantu mempercepat proses penyembuhan batuk, terutama karena bakteri. Madu merupakan obat alternatif paling baik untuk batuk pada anak-anak maupun orang dewasa. Tapi tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah usia 2 tahun karena beresiko botulisme.

Menggunakan madu untuk mengobati batuk bisa dilakukan dengan cara: minumlah satu sendok makan madu sebanyak 1 hingga 3 kali dalam sehari untuk mengontrol dan mengurangi gejala batuk. Dan anda juga dianjurkan untuk minum satu sendok sebelum tidur agar bisa tidur lebih nyenyak. Sedangkan untuk anak-anak, mereka dianjurkan untuk mengkonsumsi satu sendok teh, atau 1 sendok makan untuk anak-anak yang sedikit lebih dewasa.

Berkumur dengan air garam

Ini juga merupakan salah satu obat paling populer untuk mengatasi sakit tenggorokan. Namun selain bisa dijadikan sebagai obat sakit tenggorokan, berkumur dengan air garam juga bisa meringankan rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh batuk. Cara membuat obat batuk dari air garam adalah:

Sediakan satu sendok teh garam kemudian larutkan ke dalam 200 ml air hangat. Setelah itu gunakan untuk berkumur-kumur selama 15 detik sebelum dikeluarkan dan ulangi beberapa kali.

Campuran lada hitam dan Madu

Lada hitam tidak sulit untuk ditemukan, begitu juga dengan madu. Mencampurkan lada hitam dan madu bisa menjadi obat batuk terutama untuk mengatasi batuk yang diakibatkan karena dahak.

Cara membuat obat batuk dari lada hitam dan madu adalah:

Sediakan satu sendok teh lada hitam kemudian campurkan dengan satu sendok makan madu serta air panas 200 ml. Setelah sedikit dingin (hangat) Anda bisa meminum obat batuk tersebut. Anda bisa meminumnya antara 1 hingga 2 kali sehari untuk melonggarkan tenggorokan dan agar dahak bisa dikeluarkan dengan lebih mudah.

Wedang jahe

Wedang jahe juga memiliki kemampuan untuk menenangkan tenggorokan yang gatal dan menyebabkan batuk. Rasa pedas yang ada pada jahe dapat berfungsi sebagai ekspektoran yang akan membantu mengeluarkan lendir dari paru-paru sekaligus menghentikan rasa gatal pada bagian tenggorokan. Cara membuat wedang jahe untuk obat batuk adalah:

  • Sediakan 3 sendok makan jahe yang sudah dicincang
  • 4 gelas air
  • Satu sendok makan peppermint kering, dan
  • Setengah cangkir madu

Rebus jahe yang sudah dicincang bersamaan dengan peppermint kering hingga mendidih. Setelah air tersebut berkurang kira-kira setengahnya, matikan api dan biarkan dingin. Setelah itu, anda bisa meminum air rebusan jahe dan peppermint tersebut dengan dicampurkan 2-3 sendok makan madu.

Kunyit

Kunyit juga merupakan obat alami terbaik untuk mengobati batuk. Cara membuatnya:

Rebus air sebanyak kurang lebih setengah cangkir air dengan panci lalu tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit dan 1 sendok teh lada hitam. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menambahkan bubuk kayu manis atau batang kayu manis secukupnya. Rebus selama kurang lebih 2 hingga 3 menit. Setelah itu tambahkan satu sendok makan madu. Ramuan tersebut bisa anda minum setiap hari hingga kondisi Anda membaik.

Bawang putih

Bawang putih memiliki 2 Komponen penting yang dapat membantu mengatasi batuk. Komponen tersebut berupa sifat antibakteri dan sifat antimikroba. Untuk memanfaatkan bawang putih sebagai obat batuk alami, Anda bisa membuatnya dengan cara:

Rebus antara dua atau tiga siung bawang putih ke dalam secangkir air kemudian tambahkan satu sendok teh oregano. Setelah itu diamkan hingga dingin lalu tambahkan madu secukupnya dan minum. Air rebusan bawang putih tersebut akan membantu melegakan pernafasan dan mengurangi gejala batuk. Atau, cara lainnya adalah, Anda bisa mengkonsumsi 1 siung bawang putih yang dicampurkan dengan beberapa tetes minyak cengkeh dan madu untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

Updated: Mei 15, 2019 — 2:51 am

The Author

Sujarwo Tejo

Suka makan dan liburan. Udah gitu aja.