Cara Mengatasi Laptop yang Lemot

Apakah laptop Anda prosesnya lemot saat digunakan? yuk ikuti tips dari kami supaya laptop Anda tidak lemot. Ya, bila laptop dalam kondisi lemot saat digunakan, tentu ini sangat mengganggu. Parahnya, pekerjaan bisa tidak terselesaikan hanya gara-gara laptop lemot.

mengatasi laptop lemot
Cara Mengatasi Laptop yang Lemot

Sebenarnya faktor yang umum terjadi dan menjadi penyebab laptop menjadi lemot bisa karena softwerenya yang bermasalah, maupun hardwerenya. Dan untuk mengatasinya harus diketahui dulu penyebab laptop lemot itu karena apa.

Berikut ini adalah cara mengatasi laptop yang lemot:

Lemot karena virus

Biasanya laptop yang lemot disebabkan adanya virus yang bersarang di laptop itu sendiri. Biasanya virus menjadi beban yang memenuhi memory, sehingga kinerja laptop menjadi lambat meskipun Anda tidak membuka aplikasi yang berat. Untuk mengetahui apakah laptop Anda lemot dikarenakan virus atau bukan, maka caranya adalah dengan melakukan scan anti virus.

Comot aplikasi yang tidak penting

Aplikasi yang tidak penting biasanya tidak terpakai. Bila banyak aplikasi yang tidak terpakai terinstal di laptop Anda, ini akan membebani mekory laptop. Sehingga kinerja memory yang seharusnya berjalan normal menjadi berat dan tidak optimal. Nah, solusinya adalah dengan meng-uninstal aplikasi yang tidak penting di laptop Anda.

Membersihkan file sampah

Junk file ataupun file sampah menjadi beban tambahan pada laptop Anda. Untuk mengatasinya, cukup dengan menginstal aplikasi CCleaner. Dan bersihkan semua junk file yang terdeteksi oleh aplikasi tersebut.

Instal ulang

Cara mudah mengatasi laptop yang lemot dan Anda tidak mau ribet, maka bisa langsung diinstal ulang dengan OS baru. Sehingga membuat laptop Anda kembali seperti baru yang masih belum banyak terisi file sampah maupun virus-virus. Anda bisa minta bantuan pada ahlinya untuk instal ulang OS.

Periksa Hard Disk

Apabila hard disk dalam kondisi penuh, maka wajar sekali bila laptop menjadi lemot. Anda bisa memindahkan file berat seperti: film, mp3, dan yang lainnya di tempat penyimpanan semisal hard disk eksternal.

Tambah RAM

Bila Anda menginginkan kinerja laptop menjadi lebih kencang prosesnya, maka bisa menambah memory RAM. Silahkan upgrade kapasitas RAM yang kecil di laptop Anda.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara mengatasi laptop yang lemot. Semoga berguna buat Anda yang butuh solusi.

Updated: Maret 26, 2019 — 3:55 pm

The Author

Sujarwo Tejo

Selalu memperhatikan kesehatan tubuh, penuhi gizi (nutrisi) dan jangan lupa berwisata kuliner.